PETUNJUK KEGIATAN WORKSHOP
TEFL By Prof. Amin Rasyid. M.A
|
Petunjuk Kegiatan Workshop
ini berisi tuntunan mengisi
format yang memuat 18 nomor isian
untuk sebuah Lesson Plan. Materi untuk lesson plan dibuat dalam lembaran
tersendiri.
|
MAR
|
9/11/2012
|
PETUNJUK KEGIATAN WORKSHOP
Setiap kelompok menyusun LESSON PLAN sesuai dengan
topik bahasan yang telah dipilih dengan menggunakan format isian yang
disediakan.
1.
Subject:
English
2.
Time Allotment:
Isilah dengan 90 minutes untuk
masing-masing kelompok
3.
Venue:
DH Building, Room 201
4.
Class: Isilah dengan misalnya Kelas VII SMP, Kelas
XI SMA
5.
Semester :
Isilah dengan Ganjil atau Genap tahun 2012
6.
Level:
Pilih (Mixed Ability Level atau Same
Ability Level)
7.
Language Focus:
Pilih salah satunya: (1) Individual Language Skills:
Speaking, Reading, Listening atau Writing, (2) Individual
Language Elements: Vocabulary, Spelling, Pronunciation, atau Structure; atau (3) Integrated
Skills/Materials
8.
Topic:
Isilah sesuai dengan topik bahasan yang telah dipilih oleh kelompok sesuai
dengan pembagian tugas (Rujuk silabus yang digunakan)
9.
Prior Knowledge:
Tuliskan materi apa yang telah dipelajari siswa sebelumnya.
10. Objectives: Rumuskan tujuan
yang akan dicapai pada akhir pelajaran sesuai dengan jumlah waktu yang tersedia
yakni 90 menit untuk presentation/ practice/ production(use) dan Closure
(penutup). Rumuskan tujuan yang akan dicapai dengan outcome-oriented BUKAN process-oriented,
dengan menggunakan operational verbs. Perhatikan contoh Level of Bloom Taxonomy,
Operational Verbs dan Contoh Objectives yang akan dicapai pada akhir suatu
sesi/pertemuan, pada table berikut.
FORMULATING OBJECTIVES USING OPERATIONAL
VERBS BASED ON THE LEVEL OF BLOOM TAXONOMY
Level of Taxonomy
|
Operational Verbs for Behavioral Terms
|
Objectives
|
1.Knowledge
(Recall of specific information)
|
tell,
define, name, repeat, state, list, recall, identify, describe.
|
The
students are able to identify the stated main idea of a
text
|
2.Comprehension
(Understanding of communicated information)
|
infer,
review, generalize, restate,
paraphrase, relate, describe, explain, transform, change, summarize, give examples, illustrate
|
The
students are able to summarize the text
|
3.Application
(Use of rules, concepts, principles, and theories in new situation)
|
solve,
apply, demonstrate, prepare, show, use, modify, employ, report
|
The
students are able to use conversation expressions for
opening conversation
|
4.Analysis
(Breakdown information into parts)
|
distinguish,
detect, dissect, differentiate, break
down, uncover, list, diagram, survey, separate, categorize, classify,
compare, contrast, investigate
|
The
students are able to contrast the marriage custom in
Bima and South Sulawesi
|
5.
Synthesis (Putting together of ideas,
concepts, principles, and theories into a new or unique plan)
|
create,
design,
develop, construct, compose, plan, modify, organize, devise, produce,
generate
|
The
students will have the ability to design a lesson plan for beginning
learners
|
6.
Evaluation (Judging the value of materials or ideas on the basis of set
standards or criteria)
|
judge,
decide, select, justify, appraise, assess, criticize, verify, evaluate,
recommend, debate, dispute
|
The
students will have the ability to evaluate the personalities of the
main characters of the story
|
11. Step/Phase:
a.
Presentation:
Tuliskan cara(mode) apa yang digunakan dalam menyajikan materi, misalnya
Dictation dengan Teacher – Students (T-SS) mode, Dictation dengan S-S mode,
Dictation dengan Recorded Voice- SS, Reading dengan Text – SS, etc. Penyajian boleh
menggunakan lebih dari satu cara (mode).
b.
Practice
: Tuliskan jenis latihan/kegiatan apa saja yang digunakan untuk mempraktekkan
materi yang telah disajikan.
c.
Production/Use:
Tuliskan jenis kegiatan apa saja yang dilakukan untuk mewadahi penggunaan
fungsi sosial materi yang telah dipraktekkan.
d.
Closure:
12. Estimated Time: Perkirakan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk setiap
kegiatan.
13. Teacher Role/
Activity : Tuliskan
peran/kegiatan guru pada setiap kegiatan yang dilakukan dalam setiap tahapan
(step/phases).
14. Student
Role/Activity: Tuliskan
peran/kegiatan (maha)siswa pada setiap kegiatan yang dilakukan dalam setiap
tahapan/fase.
15. Patterns of
Interaction: Tuliskan pola
interaksi yang dilakukan untuk setiap kegiatan. Misalnya, Individual (I), S-S
(Pair), T-SS, SSS (Group), S-T, SS-T, dan sebagainya.
16. Success
Indicators: Tuliskan indikator
keberhasilan setiap kegiatan.
17. Purpose : Tuliskan maksud/tujuan masing-masing kegiatan yang
dilakukan (Objectives yang didukung).
18. Material: Buat dalam lembaran tersendiri sesuai kebutuhan.
CATATAN
Ø Setiap anggota kelompok dari masing-masing Kelas
harus memiliki salinan hasil workshop kelompoknya.
Ø Pembahasan hasil kelompok direncanakan menggunakan
presentasi LCD.
Ø Selamat Ber-workshop.
LESSON PLAN
1.
Subject : English
2.
Time Allotment : 90 minutes (from …….to……….)
3.
Venue :
4.
Class : XI
5.
Level :
Mixed Ability
6.
Semester : II
7.
Language Focus : Writing and Speaking
8.
Topic : Telling Funny
Stories
9.
Prior Knowledge : Past Tense
10. Objectives :
1.
The students are
able to write a funny story
2.
The students can
retell funny story.
3.
The students are
able to express embarrassment and anger funny story.
4.
The students
identify language structure.
11
Step/Phase
|
12
Estimated Time
|
13
Teacher Role/
Activity
|
14
Student Role/ Activity
|
15
Patterns of interaction
|
16
Success Indicators
|
17
Purposes
|
a. Presentation
·
Enter
the class
·
Giving
explanation about the material (past tense)
·
The
teacher and student ask question to reinforce what the student got
b.
Practice
c.
Production/Use
d.
Closure
|
15
minutes
20 minutes
20 minutes
|
Greetings and checking the attending list.
Make student understanding past tenses
Teacher ask question to the student (past tense)
|
Reply greetings and respond the attending list
The students notice what the teacher explain
The students answer the question.
|
TS
TS
|
Makassar, ………………………………
2012
Class:
Group:
18. Materials : (Attached in separate sheets as
needed).
Komentar
Posting Komentar