PETUNJUK KEGIATAN WORKSHOP


TEFL By Prof. Amin Rasyid. M.A

Petunjuk Kegiatan Workshop ini  berisi tuntunan mengisi format  yang memuat 18 nomor isian untuk sebuah Lesson Plan. Materi untuk lesson plan dibuat dalam lembaran tersendiri.

MAR
9/11/2012





PETUNJUK KEGIATAN WORKSHOP

Setiap kelompok menyusun LESSON PLAN sesuai dengan topik bahasan yang telah dipilih dengan menggunakan format isian yang disediakan.
1.      Subject: English
2.      Time Allotment: Isilah dengan 90 minutes  untuk masing-masing kelompok
3.      Venue: DH Building, Room 201
4.      Class:  Isilah dengan misalnya Kelas VII SMP, Kelas XI SMA
5.      Semester : Isilah dengan Ganjil atau Genap tahun 2012
6.      Level: Pilih  (Mixed Ability Level atau Same Ability Level)
7.      Language Focus: Pilih salah satunya: (1) Individual Language Skills: Speaking, Reading, Listening atau Writing, (2) Individual Language Elements: Vocabulary, Spelling, Pronunciation, atau  Structure; atau (3) Integrated Skills/Materials
8.      Topic: Isilah sesuai dengan topik bahasan yang telah dipilih oleh kelompok sesuai dengan pembagian tugas (Rujuk silabus yang digunakan)
9.      Prior Knowledge: Tuliskan materi apa yang telah dipelajari siswa sebelumnya.
10.  Objectives: Rumuskan  tujuan yang akan dicapai pada akhir pelajaran sesuai dengan jumlah waktu yang tersedia yakni 90 menit untuk presentation/ practice/ production(use) dan Closure (penutup). Rumuskan tujuan yang akan dicapai dengan outcome-oriented BUKAN process-oriented, dengan menggunakan operational verbs. Perhatikan contoh Level of Bloom Taxonomy, Operational Verbs dan Contoh Objectives yang akan dicapai pada akhir suatu sesi/pertemuan, pada table berikut.








FORMULATING OBJECTIVES USING OPERATIONAL VERBS BASED ON THE LEVEL OF BLOOM TAXONOMY

Level of Taxonomy
Operational Verbs for Behavioral Terms
Objectives
1.Knowledge (Recall of specific information)
tell, define, name, repeat, state, list, recall, identify, describe.

The students are able to identify the stated main idea of a text
2.Comprehension (Understanding of communicated information)
infer, review, generalize,  restate, paraphrase, relate, describe, explain, transform, change, summarize, give examples, illustrate

The students are able to summarize the text
3.Application (Use of rules, concepts, principles, and theories in new situation)
solve, apply, demonstrate, prepare, show, use, modify, employ, report

The students are able to use conversation expressions for opening conversation
4.Analysis (Breakdown information into parts)
distinguish, detect, dissect,  differentiate, break down, uncover, list, diagram, survey, separate, categorize, classify, compare, contrast, investigate

The students are able to contrast the marriage custom in Bima and South Sulawesi
5. Synthesis  (Putting together of ideas, concepts, principles, and theories into a new or unique plan)
create, design, develop, construct, compose, plan, modify, organize, devise, produce, generate

The students will have the ability to design a lesson plan for beginning learners
6. Evaluation (Judging the value of materials or ideas on the basis of set standards or criteria)
judge, decide, select, justify, appraise, assess, criticize, verify, evaluate, recommend, debate, dispute


The students will have the ability to evaluate the personalities of the main characters of the story




11.  Step/Phase:
a.       Presentation: Tuliskan cara(mode) apa yang digunakan dalam menyajikan materi, misalnya Dictation dengan Teacher – Students (T-SS) mode, Dictation dengan S-S mode, Dictation dengan Recorded Voice- SS,  Reading dengan Text – SS, etc. Penyajian boleh menggunakan lebih dari satu cara (mode).
b.      Practice : Tuliskan jenis latihan/kegiatan apa saja yang digunakan untuk mempraktekkan materi yang telah disajikan.
c.       Production/Use: Tuliskan jenis kegiatan apa saja yang dilakukan untuk mewadahi penggunaan fungsi sosial materi yang telah dipraktekkan.
d.      Closure:
12.  Estimated Time: Perkirakan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan.
13.  Teacher Role/ Activity : Tuliskan peran/kegiatan guru pada setiap kegiatan yang dilakukan dalam setiap tahapan (step/phases).
14.  Student Role/Activity: Tuliskan peran/kegiatan (maha)siswa pada setiap kegiatan yang dilakukan dalam setiap tahapan/fase.
15.  Patterns of Interaction: Tuliskan pola interaksi yang dilakukan untuk setiap kegiatan. Misalnya, Individual (I), S-S (Pair), T-SS, SSS (Group), S-T, SS-T, dan sebagainya.
16.  Success Indicators: Tuliskan indikator keberhasilan setiap kegiatan.
17.  Purpose : Tuliskan maksud/tujuan masing-masing kegiatan yang dilakukan (Objectives yang didukung).
18.  Material: Buat dalam lembaran tersendiri sesuai kebutuhan.



CATATAN

Ø  Setiap anggota kelompok dari masing-masing Kelas harus memiliki salinan hasil workshop kelompoknya.
Ø  Pembahasan hasil kelompok direncanakan menggunakan presentasi LCD.
Ø  Selamat Ber-workshop.



LESSON PLAN

1.      Subject                                    : English
2.      Time Allotment           : 90 minutes (from …….to……….)
3.      Venue                          :
4.      Class                            : XI
5.      Level                           : Mixed Ability
6.      Semester                      : II      
7.      Language Focus          : Writing and Speaking
8.      Topic                           : Telling Funny Stories
9.      Prior Knowledge         : Past Tense
10.  Objectives                   :
1.      The students are able to write a funny story
2.      The students can retell funny story.
3.      The students are able to express embarrassment and anger funny story.
4.      The students identify language structure.

11
Step/Phase
12
Estimated Time
13
Teacher Role/ Activity
14
 Student Role/ Activity
15
Patterns of interaction
16
Success Indicators
17
Purposes
a.       Presentation
·         Enter the class




·         Giving explanation about the material (past tense)

·         The teacher and student ask question to reinforce what the student got








b.       Practice






c.       Production/Use


d.      Closure
 15 minutes





20 minutes


20 minutes










Greetings and checking the attending list.



Make student understanding past tenses


Teacher ask question to the student (past tense)
Reply greetings and respond the attending list




The students notice what the teacher explain


The students answer the question.
TS





TS




Makassar, ……………………………… 2012
Class:
Group:

18. Materials               : (Attached in separate sheets as needed).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERTANYAAN WAWANCARA ADS/AAS

THOUSANDS QUESTIONS

MEMILIH KAMPUS UNTUK APLIKASI BEASISWA ADS/AAS